equityworld futures pusat
Wednesday, July 10, 2013

Wednesday, July 10, 2013
gambar berita warta ekonomi - jelang jadi anggota zona euro, fitch naikkan peringkat latviaWE.CO.ID - Lembaga pemeringkat global Fitch pada Selasa menaikkan peringkat kredit Latvia satu tingkat menjadi BBB+, hanya beberapa jam setelah negara Baltik itu mendapat lampu hijau untuk menjadi anggota ke-18 zona euro.
"Penaikkan peringkat ini menyusul pengumuman keputusan ECOFIN hari ini untuk mengundang Latvia bergabung dengan zona euro pada tanggal 1 Januari 2014," kata Fitch dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa prospek negara itu stabil.
Keputusan dewan ECOFIN -- terdiri dari menteri keuangan 28 negara anggota Uni Eropa -- telah diperkirakan sebelumnya. Fitch mengatakan pada Mei bahwa persetujuan itu kemungkinan akan memicu kenaikan peringkat.
"Adopsi euro akan meningkatkan koherensi kebijakan ekonomi dan kredibilitas dibandingkan dengan mematok nilai tukar saat ini terhadap euro," kata lembaga itu pada Selasa.
Sementara rivalnya, lembaga pemeringkat Standard & Poor's menaikkan peringkat Latvia satu tingkat menjadi BBB+ pada bulan lalu setelah eksekutif Uni Eropa memutuskan untuk menyetujui tawaran menjadi anggota zona euro pada 2014.
"Lembaga-lembaga pemeringkat telah bereaksi dengan kecepatan kilat terhadap berita positif tentang Latvia," Perdana Menteri Latvia Valdis Dombrovskis mengatakan dalam kicauannya (tweeter) pada Selasa.
Sejak berkuasa pada 2009, Dombrovskis telah membuat aksesi euro prioritas nomor satu pemerintah, sekalipun lebih dari setengah dari penduduk negara itu menentang euro, menurut jajak pendapat terbaru.
Meskipun zona euro saat ini bermasalah, Dombrovskis mengatakan bahwa keanggotaannya akan membawa manfaat seperti suku bunga rendah, biaya konversi mata uang yang lebih rendah dan peningkatan investasi asing.
Latvia yang terkena dampak paling keras di antara anggota Uni Eropa selama krisis ekonomi global, dengan output mengalami kontraksi hampir seperempat dalam 2008-2009.
Tetapi ekonominya sejak itu bangkit kembali: Latvia membukukan angka pertumbuhan terbaik di Uni Eropa pada 2011 dan 2012, dengan produk domestik bruto tumbuh oleh lebih dari lima persen setiap tahun. (Ant)

0 comments:

Post a Comment