equityworld futures pusat
Wednesday, July 17, 2013

Wednesday, July 17, 2013
gambar berita warta ekonomi - dolar melemah jelang keterangan bernanke di kongres asWE.CO.ID - Kurs dolar AS melemah dan imbal hasil obligasi AS jatuh pada Selasa (Rabu, 17/7/2013 pagi WIB) menjelang kesaksian kepada Kongres tentang perekonomian oleh Ketua Federal Reserve Ben Bernanke pada Rabu dan Kamis waktu setempat.

Kemunduran terjadi di tengah spekulasi tentang apakah Bernanke akan mengkonfirmasi jalan Fed terhadap pemangkasan kembali pembelian obligasi (QE) 85 miliar dolar AS per bulan pada akhir tahun ini atau sinyal bahwa pertumbuhan ekonomi membutuhkan lebih banyak kekuatan sebelum itu terjadi.

Pada pukul 21.00 GMT (Rabu 04.00 WIB), euro berada di 1,3164 dolar, dibandingkan dengan 1,3064 dolar pada Senin sore.

Dolar juga jatuh menjadi 99,04 yen dari 99,82 yen, sementara euro nyaris tak berubah pada 130,43 yen.

Bernanke akan berbicara kepada Komite Jasa Keuangan DPR AS pada Rabu pagi waktu setempat, dengan keadaan pertumbuhan ekonomi AS dan kebijakan uang longgar Fed yang telah berlangsung lima tahun -- dan rencananya untuk suku bunga -- menjadi topik utama.

Bernanke telah menjelaskan dengan tegas dalam beberapa pekan terakhir bahwa sekalipun Fed mulai mengurangi program pelonggaran kuantitatifnya, itu tidak berarti bahwa suku bunga akan meningkat dan kebijakan moneter akan diperketat sebelum 2015.

Tetapi pasar telah menunjukkan keraguan mereka, dengan imbal hasil dan suku bunga obligasi naik tajam sejak Mei karena ekspektasi pengetatan.

Analis mata uang DailyFX David Song mengatakan dia mengharapkan konfirmasi rencana untuk mulai keluar dari QE, yang bisa memperkuat permintaan untuk greenback.

"Meningkatnya pembahasan Federal Reserve akan mengurangi secara bertahap program pembelian aset mungkin mendorong anggota parlemen AS menekan Bernanke," katanya.

"Setiap komentar potensial seputar waktu dan kecepatan keluar dari QE akan menopang mata uang cadangan karena (Fed) tampaknya perlahan-lahan bergerak menjauh dari siklus pelonggaran." Pound didorong lebih tinggi, menjadi 1,5155 dolar dari 1,5100 dolar, sementara dolar jatuh menjadi 0,9391 franc Swiss dari 0,9480 franc. (ant)

0 comments:

Post a Comment