equityworld futures pusat
Tuesday, August 19, 2014

Tuesday, August 19, 2014

Harga CPO di Bursa Malaysia pada awal perdagangan hari ini, 19 Agustus 2014, terpantau sedang mengalami pergerakan menguat, penguatan harga CPO di Bursa Malaysia dipicu oleh posisi pergerakan yang telah jenuh terjerembab di level terendah hampir 5 tahun.

Pergerakan harga CPO yang terus tergerus dalam beberapa hari terakhir, terpantau mulai memicu rebound meskipun penguatan masih sangat terbatas. Tersentuhnya tingkat harga hampir terendah 5 tahun, membuat posisi pergerakan saat ini telah memasuki fase lesu meskipun secara fundamental tekanan dari faktor substitusi masih sangat kuat.

Terkait pergerakan faktor substitusi, harga minyak mentah global yang semakin anjlok terpantau menjadi penghalang kuat penguatan harga CPO pada perdagangan hari ini. Harga minyak mentah global yang turun akibat meredanya konflik Ukraina-Rusia, akan berdampak pada pelemahan ekspektasi demand CPO untuk bahan bakar.

Namun, pergerakan harga CPO pada perdagangan hari ini, turut mendapatkan cukup keleluasaan untuk menguat dari dorongan pergerakan substitusi dari harga kedelai global. Pergerakan harga kedelai yang mengalami penguatan pada Senin lalu, dapat berdampak pada pergerakan serupa pada CPO. Walaupun demikian, potensi kuat kembali melemahnya harga kedelai pada perdagangan hari ini diperkirakan akan cukup memupus potensi penguatan tersebut.

Pada awal perdagangan hari ini di Bursa Malaysia, harga CPO terpantau sedang mengalami penguatan terbatas. Harga CPO Bursa Malaysia untuk kontrak November 2014 naik 0,29% ke tingkat harga 2.094 RM/ton atau melemah 6 RM/ton.

Sementara dari perdagangan di Bursa ICDX, harga CPO juga terpantau sedang mengalami pergerakan menguat, harga CPO berjangka ICDX untuk kontrak November 2014 naik 0,51% ke tingkat harga Rp 7.970 atau menguat Rp 10.

0 comments:

Post a Comment