equityworld futures pusat
Monday, August 4, 2014

Monday, August 04, 2014

Harga emas LLG pada perdagangan pekan lalu, 28 Juli-1 Agustus 2014 terpantau ditutup dengan mengalami pelemahan secara agregat sepekan untuk pekan ke-3 secara beruntun. Pelemahan harga emas pada perdagangan pekan lalu dipicu oleh tekanan dari kondisi perekonomian global yang cenderung bergerak membaik.

Beberapa data penting perekonomian global yang dirilis pada pertengahan hingga akhir pekan lalu, terpantau cenderung memberikan rangkaian sentimen negatif kuat pada pergerakan harga emas. Data-data terkait inflasi dan pengangguran global serta GDP kuartal 2 AS, berada dalam kondisi baik, sehingga demand safe haven mengalami tekanan cukup kuat meskipun kondiso geopolitik global masih belum stabil.

Secara umum, pergerakan harga emas pada pekan lalu terdorong melemah oleh faktor yang lebih disebabkan oleh data pekerja di kawasan Eropa serta GDP kuartal 2 AS. Berdasarkan data yang rilis pekan lalu, pengangguran di wilayah Jerman dan Uni Eropa serta GDP kuartal 2 AS mengalami perbaikan.

Data pengangguran Uni Eropa yang sebelumnya berada di level 11,6%, berhasil ditekan ke level 11,5%. Sementara pengangguran di Jerman masih harus berada di level 5,1% namun secara total berhasil berkurang hingga 12.000 jiwa. Sentimen negatif dari data pengangguran di Eropa tersebut pun kian menguat dengan dorongan dari data GDP kuartal 2 AS yang naik ke level 4% dari -2.1% dan cukup jauh dari ekspektasi di 2,9%.

Walaupun demikian, harga emas juga turut terangkat oleh kondisi belum stabil pada data-data pekerja di AS yang rilis pekan lalu. Dimulai dari data ADP employment change yang berkurang ke level 218.000 atau turun 63.000, data pengangguran serta non-farm payroll pun berada dalam kondisi negatif. Berdasarkan data yang rilis Jumat pekan lalu, pengangguran di AS dipublikasikan meningkat dari 6,1% ke 6,2%, sementara non farm payroll turun dari 298.000 ke 209.000. Imbas dari tekanan sentimen positif data pekerja AS tersebut, harga emas sempat reboudn di akhir pekan namun belum cukup untuk menutup penurunan signifikan harga emas yang berlangsung sejak hari pertama perdagangan pekan lalu.

Pada perdagangan pekan lalu, 28 Juli-1 Agustus, Harga emas LLG terpantau ditutup melemah secara agregat sepekan. Harga emas LLG pada perdagangan pekan lalu turun 1,09% ke tingkat harga $1.292,85/t oz atau melemah $14,3/t oz.

Sementara pada perdagangan emas berjangka di Comex, harga emas juga mengalami pelemahan secara agregat sepekan. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014 turun 0,80% ke tingkat hara $1.294,8/t oz atau melemah $10,5/t oz.

0 comments:

Post a Comment