equityworld futures pusat
Friday, August 15, 2014

Friday, August 15, 2014
Harga CPO Bursa Malaysia Masih di Zona Merah

Harga CPO di Bursa Malaysia pada perdagangan hari ini, Jumat 15 Agustus 2014, terpantau sedang mengalami pelemahan. Pelemahan harga CPO di Bursa Malaysia dipicu oleh tekanan daru harga minyak mentah dunia yang melemah meskipun harga kedelai mengalami penguatan.

Tekanan faktor substitusi yang kuat, terpantau masih menjadi momok pada pergerakan harga CPO di Bursa Malaysia. Setelah sebelumnya tertekan akibat anjloknya harga kedelai selaku substitusi bahan baku minyak goreng nabati, kini CPO tertekan oleh harga minyak mentah global selaku substitusi bahan bakar. Adapun, pelemahan harga minyak mentah global mengalami penurunan tajam akibat potensi melemahnya demand di kawasan Eropa.

Selain faktor tekanan faktor substitusi, rilis data persediaan, output, dan juga ekspor CPO Malaysia masih menjadi fondasi dasar pelemahan pada harga CPO. Data-data tersebut yang berada dalam posisi kokokh untuk memberi sentimen negatif membuat harga CPO Malaysia terus tertekan melemah.

Pada perdagangan hari ini, Harga CPO di Bursa Malaysia dan ICDX terpantau sedang mengalami pergerakan melemah. Harga CPO berjangka Bursa Malaysia untuk kontrak Oktober 2014 turun 0,28% ke tingkat harga 2.127 RM/ton atau melemah 6 RM/ton. Sementara harga CPO berjangka ICDX untuk bulan Oktober 2014 turun 0,12% ke tingkat harga Rp 8090 atau melemah RP 10. Sedangkan pada perdagangan olein di JFX yang ditutup hari ini, harga olein ditutup pada harga Rp 9760/kg.

0 comments:

Post a Comment