equityworld futures pusat
Monday, August 4, 2014

Monday, August 04, 2014

Harga CPO di Bursa Malaysia pada perdagangan hari ini, 4 Agustus 2014, terpantau sedang mengalami pelemahan signifikan. Pelemahan harga CPO di Bursa Malaysia dipicu oleh aksi profit taking pasca penguatan pekan lalu yang turut didorong oleh data ekspor.

Pergerakan harga CPO yang pada akhir pekan lalu sempat menguat signifikan akibat pelemahan tekanan faktor substitusi, terpantau mulai memicu aksi profit taking pada perdagangan hari ini. Penguatan CPO yang relatif sangat tidak stabil tersebut, diduga membuat perdagangan dilakukan dalam jangka pendek sehingga aksi profit taking mulai menggerus harga CPO. Terkait pergerakan harga substitusi pun, harga kedelai telah bergerak kembali melemah sehingga tekanan terhadap harga CPO kembali menguat.

Selain faktor aksi profit taking, pelemahan harga CPO juga diduga cukup terpengaruh oleh indikasi pelemahan demand CPO Malaysia. Pelemahan CPO Malaysia tersebut dilandasi oleh rilis data ekspor minyak sawit Malaysia yang turun di akhir Juli. Berdasarkan data Intertek Testing Services, ekspor Malaysia turun hingga 2,8% ke level 1,35 juta ton sepanjang Juli lalu meskipun terdapat potensi lonjakan demand untuk memenuhi kebutuhan hari Idul Fitri.

Pada awal perdagangan hari ini di Bursa Malaysia, harga CPO terpantau sedang mengalami pergerakan melemah signifikan. Harga CPO berjangka Bursa Malaysia untuk kontrak Oktober 2014 turun hingga 0,92% ke tingkat harga 2263 RM/ton atau melemah 21 RM/ton.

Sementara dari perdagangna di Bursa ICDX, harga CPO juga sedang mengalami pelemahan hingga saat ini. Harga CPO berjangka ICDX untuk kontrak Oktober 2014 turun hingga 1,35% ek tingkat harga Rp 9750 atau melemah Rp 120.

0 comments:

Post a Comment