equityworld futures pusat
Thursday, March 5, 2015

Thursday, March 05, 2015
Rupiah Dibayangi Penguatan Dolar

Pergerakan nilai tukar Rupiah diperkirakan akan berada pada kisaran level area support Rp12.940 dengan resistance Rp13.000. Rupiah masih mengalami pelemahan lantaran belum ada sentimen baru yang bakal mempengaruhi rupiah.

"Sentimen belum ada lagi, memang dolarnya juga masih tren naik. Kalau data tenaga kerja AS bagus akan berimbas positif bagi dolar, menjadi sentimen negatif bagi Rupiah," tutur Analis Universal Broker Indonesia Alwi Assegaf, Jakarta, Kamis (4/3/2015).

Alwi berpendapat, sentimen dari sisi dalam negeri sendiri belum ada yang dapat memberikan dorongan bagi rupiah. Dikarenakan data-data ekonomi dalam negeri, yang masih belum dirilis.

"Kebijakan BI sendiri untuk melakukan intervensi, sejauh ini belum ada pernyataan akan menjaga stabilitas. Terutama kalau sudah tembus level psikologisnya tembus belum ada tindakan dari BI entah bagaimana sekarang BI masih memantau sepertinya," jelas dia.

Lebih lanjut Alwi menjelaskan, pernyataan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro beberapa waktu lalu yang sempat menyatakan bila pihak BI akan mengintervensi rupiah.Jika memang dinilai telah diperlukan,belum memberikan sentimen positif bagi Rupiah.

"Kecenderungannya melemah dolar AS masih menguat, dalam negeri sendiri belum ada perkembangan yang berati. Kecuali ada pernyataan dari BI langsung mengenai warning intervensi, karena mungkin sepertinya belum ada pernyataan resmi untuk meredam pelemahan rupiah," tandasnya.

0 comments:

Post a Comment