equityworld futures pusat
Saturday, July 19, 2014

Saturday, July 19, 2014
Sebelum berlebaran ke kampung halaman dengan kendaraan, sebaiknya mobil harus dalam kondisi prima sehingga perjalanan menjadi nyaman dan aman. Pemudik yang memakai kendaraan pribadi, harus mempersiapkan kendaraannya dengan baik, karena mobil harus layak dan siap untuk perjalanan jarak jauh.

Berikut ini, beberapa item pada kendaraan yang harus diperiksa sesuai saran Sun Motor:

1. Bagi kendaraan yang masih menggunakan sistem karburator, lakukan check-up (tune up) untuk pemeriksaan fan belt, busi, stel klep, dan penggantian platina/kondensor. Untuk mobil yang menggunakan sistem injeksi, lakukan pembersihan pada trotol body, filter bensin, pengecekan busi, dan pemeriksaan kualitas bahan bakar. Jangan lupa untuk memeriksa juga sistem pengisian listrik dan air aki agar sistem kelistrikan dapat berfungsi sempurna.

2. Agar suhu temperatur kendaraan bisa bekerja dengan baik, periksa air radiator kendaraan jangan sampai kurang dari ukuran normal.

3. Periksa kabel gas, rem, power steering dan kopling berikut plat koplingnya, apakah perlu diganti juga dengan pertimbangan macet total serta menghadapi tanjakan dengan beban muatan penuh.

4. Periksa sistem kerja penyemprot kaca dan kinerja wiper, karena saat ini sedang musim hujan. Cek juga sistem AC yang berfungsi sebagai anti embun.

5. Untuk perjalanan malam hari, cek kondisi lampu (headlamp) apakah cahayanya masih terang atau sudah redup. Penglihatan di malam hari sangat terbatas sehingga fungsi lampu harus maksimal.

6. Bagi pemilik mobil diesel, saringan udara, saringan solar dan saringan oli mutlak harus diperiksa. Dengan memakai filter yang baru, maka tenaga akan terjaga karena engine akan bekerja dengan lancar dan dampaknya bisa menghemat konsumsi bahan bakar. Bila perlu tangki dan seluruh sistem bahan bakar dibersihkan serta disetel lagi.

7. Hindari untuk membawa beban yang berlebihan. Sesuaikan dengan spesifikasi kendaraan. Jangan lupa juga untuk menyiapkan ban cadangan yang layak pakai dan masih memiliki alur yang bagus.

0 comments:

Post a Comment