equityworld futures pusat
Thursday, September 18, 2014

Thursday, September 18, 2014
Semenjak meluncurkan dua perangkat terbarunya, Apple memang sering mendapat sindiran dari para kompetitornya, namun kini seolah tidak ingin diam saja Apple rupanya juga membalas dengan sindiran. Dan yang kena sindiran Apple ini adalah raksasa teknologi Google dan Amazon.
 
CEO Apple yaitu Tim Cook baru-baru ini menyindir cara bisnis kompetitornya yang meraup keuntungan dari data-data para pengguna yang diungkapkan dalam sebuah wawancara pribadi mengenai iPhone 6 dan Apple Watch oleh jurnalis Charlie Rose.

Dalam wawancara tersebut Tim Cook mengkritik perusahaan seperti Google dan Amazon dalam menjalankan bisnis, namun sebenarnya sindiran tersebut disampaikannya tanpa menyebut nama-nama perusahaan tertentu termasuk Google dan Amazon secara langsung.

CEO Apple tersebut ini mengaku kesal dengan cara sejumlah perusahaan menjalankan bisnis yang pada dasarnya mengambil informasi pribadi dan data kartu kredit konsumen.

Meskipun Cook tidak menyebutkan perusahaan mana namun jawaban Cook dinilai mengacu pada cara Google dan Amazon dalam menghasilkan uang. Pasalnya Google memang diketahui memindai alamat Gmail pengguna dan melacak aktivitas internet mereka, lalu menjual data tanpa nama secara agregat kepada para pengiklan. Sementara Amazon dilaporkan memiliki nomor kartu kredit pengguna dan keterangan pembelian yang kemudian mempromosikan barang-barang lain berdasarkan data-data tersebut.

Tim Cook juga menambahkan bahwa “Dasar dari bisnis kami adalah menjual perangkat-perangkat. Bisnis kami tidak berasal dari informasi konsumen karena memang bukan produk kami. Jadi jika mereka menghasilkan uang terutama dengan mengumpulkan data pribadi, maka saya pikir Anda harus khawatir.”

Selain itu Tim Cook dengan tegas meyakini bahwa para pengguna Apple memiliki perlindungan privasi yang lebih kuat dibandingkan konsumen perusahaan teknologi lain.

0 comments:

Post a Comment