equityworld futures pusat
Saturday, June 21, 2014

Saturday, June 21, 2014
Orang kota lebih butuh liburan dibanding orang desa. Apakah pernyataan ini benar?

Orang kota lebih banyak menghadapi tekanan sehari-hari seperti polusi, macet, terutama tekanan pekerjaan yang tinggi. Secara psikologis, stres bisa diatasi dengan aktivitas fisik seperti olahraga, kegiatan hobi, dan liburan. Saat liburan, fisik akan banyak bergerak. Aktivitas fisik ini mampu menstimulasi otak bagian experience atau pengalaman.

“Bayangkan gelas yang penuh dengan air dan butuh dikosongkan. Itulah fungsi liburan. Mengosongkan bagian otak yang penuh karena tekanan hidup sehari-hari,".

Tubuh butuh pengalaman termasuk pengalaman berinteraksi dan berkomunikasi dengan diri sendiri. Untuk itu liburan juga bermanfaat sebagai ajang berkreasi bagi otak.

“Liburan memang tidak menyelesaikan masalah yang dihadapi sehari-hari. Tapi dengan liburan, tubuh dan otak kita jadi mampu melihat masalah dari luar dan berbagai sisi,".

Berdasarkan WHO (World Health Organization) atau badan kesehatan dunia di bawah PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) orang yang bermental sehat adalah orang yang mampu mengatasi stres dengan baik.

“Liburan membantu kesehatan mental, terutama anak-anak. Aktivitas hidup itu harus seimbang. Jangan kerja terus atau jangan bersenang-senang terus. Tidak seimbang nantinya,".
 
Jenis liburan.
Liburan yang paling cocok buat orang perkotaan adalah liburan ke alam. Sebagian orang biasanya memilih pergi belanja ke pusat belanjaan atau mal sebagai destinasi liburan.

Namun, liburan di luar pusat perbelanjaan akan lebih kaya pengalaman. Misalnya saja kalau liburan ke alam, terutama anak-anak, mereka akan mengalami langsung tentang apa yang mereka bayangkan.

"Kalau selama ini gunung, sawah dan pantai kan hanya dibayangkan saja. Di liburan mereka akan melihat langsung seperti apa gunung, sawah dan pantai itu.

Secara psikologis, alam juga memberikan efek relaksasi atau menenangkan. Suara alam mendekatkan diri kepada hal yang lebih besar dan pada akhirnya melihat diri sendiri ini kecil.

"Hingga menyadarkan bahwa kita adalah bagian dari alam semesta. Kita serpihan-serpihan kecil, bagian dari dunia,".

Liburan, selanjutnya, juga bagus bagi keluarga untuk membangun mental kerja tim bagi anak. Perjalanan ke luar kota bersama keluarga misalnya membuat suasana hubungan keluarga menjadi lebih dekat dan hangat.

“Karena sama-sama menuju tempat yang baru membuat suasana menjadi beda,".
Sebagai Orang kota agar pandai-pandai memanfaatkan waktu akhir pekan dan cuti. karena kebanyakan orang kota adalah pekerja dan pegawai yang sulit mengambil liburan yang panjang waktunya.

0 comments:

Post a Comment