equityworld futures pusat
Wednesday, May 15, 2013

Wednesday, May 15, 2013

Emas menguat di awal sesi perdagangan Asia seiring melemahnya dollar AS yang berhasil meningkatkan daya tarik logam mulia. Sementara Euro menguat setelah zona-euro menyetujui pencairan dana bailout untuk Cyprus senilai €2 miliar. Investor juga terlihat optimis Portugal dan Yunani juga akan mendapatkan pencairan dana bailout berikutnya seiring menteri keuangan zona-euro melanjutkan pertemuannya di Brussels.

Aksi bargain-hunting juga terlihat di Asia seiring munculnya pembelian emas fisik pasca turunnya harga dalam tiga sesi terakhir. Data yang dirilis kemarin menunjukan impor emas dan perak India melejit hingga 138% di bulan April seiring investor tergiur dengan murahnya harga pada waktu itu dan sehubungan dengan perayaan musim pernikahan dan Festival Emas Akshaya Tritiya yang berlangsung sejak 13 Mei kemarin. Di lain pihak, kepemilikan emas SPDR Gold Trust, ETF berbasis emas terbesar di dunia, kini berada di level 33,811 juta ons; hanya sedikit lebih tinggi dari level terendahnya sejak Maret 2009.

Tadi malam harga Emas sempat anjlok hingga 1% setelah rilis data retail AS.

Data retail sales utama naik 0.1% di bulan April melampaui estimasi -0.1%, dibanding laju penjualan ritel bulan Maret yang direvisi turun -0.5%. Di luar penjualan otomotif dan bahan bakar, laju retail sales naik 0.6%, laju tercepatnya pada tahun ini disebabkan oleh perbaikan pasar tenaga kerja dan kenaikan pasar modal sehingga penduduk Amerika Serikat lebih optimis dalam berbelanja.

Secara keseluruhan kenaikan laju penjualan ritel ditengah penurunan harga bbm merupakan kejutan positif dan berpotensi untuk memperbaiki laju spending di Q2 2013, setelah mengalami kontraksi sepanjang Q1 2013, dimana hal ini seharusnya dapat memicu penguatan Dollar AS lebih lanjut.

Saat ini harga emas dipasarkan dikisaran level $1438 per troy ounce.

Dari sisi tehnikal, pergerakan emas pada grafik 4 jam hari ini, terlihat indikator MACD dan Stochastics mulai menunjukkan potensi rebound.  Potensi rebound juga ditunjukkan dengan pergerakan harga yang mampu menembus level 1440. Harga masih cenderung rebound selama harga berada di atas level support hari ini 1436 dengan potensi target ke area 1447-1453. Sementara pergerakan di bawah 1436 berpotensi membuka pelemahan kembali ke area 1429.

Hari ini data ekonomi di zona euro bisa menjadi market mover seperti data survei sentimen ekonomi Jerman dan zona euro oleh ZEW serta data produksi industri zona euro. Buruknya data-data ini bisa menekan harga komoditi termasuk emas karena memperlihatkan pelambatan ekonomi dan sebaliknya menguatnya data ini bisa mengangkat harga emas.

0 comments:

Post a Comment