equityworld futures pusat
Monday, April 6, 2015

Monday, April 06, 2015
Google Indonesia dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berinisiatif melaksanakan Android One Hack for Impact pada Maret 2015. Gelaran ini berbentuk tantangan kepada pengembang aplikasi lokal dalam memanfaatkan data guna membantu pelayanan publik di bidang transportasi dan kesehatan. Ada 50 pengembang Indonesia yang diundang untuk berkompetisi, kemudian inisiatif ini menyisakan 10 aplikasi terbaik.

Sepuluh pengembang aplikasi mempresentasikan karya mereka pada Minggu (29/3) di Jakarta. Tiga aplikasi menjadi pemenangnya, yakni BIT (Bus in Time), Vaccine Time, dan Appaja (Aplikasi Angkutan Jakarta). BIT merupakan aplikasi crowd GPS yang didukung beacon bluetooth ramah energi, yang terjangkau dan terukur, serta dapat digunakan oleh semua moda transportasi.

Vaccine Time menyoroti kepentingan vaksin bagi anak-anak. Aplikasi pengingat ini juga dilengkapi fitur pencari rumah sakit atau klinik yang menyediakan vaksinasi, juga informasi umum bagi orangtua. Appaja (Aplikasi Angkutan Jakarta), yang bisa digunakan di seluruh sistem operasi Android—dari Froyo hingga Lollipop—mengandalkan metode crowdsourcing untuk memberi informasi kepada publik mengenai commuter line (KRL) dan Transjakarta. Informasi tersebut mencakup waktu tiba, harga tiket, dan situasi di halte bus dan stasiun kereta.

0 comments:

Post a Comment