equityworld futures pusat
Monday, May 4, 2015

Monday, May 04, 2015
Jokowi Luncurkan Program Pembangunan Listrik 35 Ribu Megawatt
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, meluncurkan program pembangunan pembangkit listrik 35 ribu megawatt di Samas, Bantul, Yogyakarta, pada Senin 4 Mei 2015.

Peluncuran tersebut, ditandai dengan beberapa hal. Salah satunya adalah ground breaking, atau pemancangan tiang pancang pertama beberapa pembangkit.

"Peluncuran program pembangunan pembangkit 35 ribu MW merupakan komitmen pemerintah dalam menjawab permasalahan bangsa dan negara untuk menciptakan kedaulatan energi," kata Sudirman, dikutip dalam keterangannya.

Dia mengatakan, peluncuran program ini ditandai dengan penandatanganan power purchased agreement (PPA) dan letter of intent (LoI) untuk EPC (engineering, procurement, construction), serta ground breaking beberapa pembangkit.

Berikut ini adalah pembangkit yang akan dilakukan PPA, LoI, dan ground breaking.

1. Penandatanganan PPA pembangkit listrik tenaga bayu atau angin (PLTB) Samas, Yogyakarta, dengan kapasitas 50 MW.

2. Penandatanganan PPA pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Kendari-3, Sulawesi Tenggara, dengan kapasitas 2x50 MW.

3. Penandatanganan PPA PLTU Jeneponto Ekspansi, Sulawesi Selatan, dengan kapasitas 2x125  MW.

4. Penandatanganan PPA pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Malea, Sulawesi Selatan, dengan kapasitas 2x45 MW.

5. Penandatanganan LoI untuk EPC PLTU Grati, Jawa Timur, dengan kapasitas 450 MW.

6. Ground breaking PLTA Jatigede, Jawa Barat, dengan kapasitas 2x55 MW.

7. Ground breaking PLTU Takalar, Sulawesi Selatan, dengan kapasitas 2x100 MW.

8. Ground breaking PLTU Pangkalan Susu unit tiga dan empat, Sumatera Utara, dengan kapasitas 2x220 MW.

Sudirman mengatakan bahwa PLTB Samas dan PLTA Jatigede diharapkan bisa menambah pasokan total 120 MW sampai akhir 2019, dan bisa memperkuat sistem listrik Jawa-Bali.

Mantan dirut PT Pindad (Persero) itu pun mengharapkan, hal yang sama terhadap PLTU Kendari, PLTU Takalar, PLTU Jeneponto, dan PLTA Malea dengan tambahan total 640 MW diharapkan dapat menambah pasokan sistem Sulawesi.

"Saat ini, sistem kelistrikan Sulawesi merupakan salah satu yang memiliki pertumbuhan paling tinggi. Sedangkan PLTU Pangkalan Susu unit tiga dan empat ditujukan untuk memperkuat sistem Sumatera yang saat ini sudah inter koneksi dan sedang dilakukan peningkatan kapasitas inter koneksi yang direncanakan selesai 2017," kata dia.

Sudirman melanjutkan, penandatanganan perjanjian jual beli gas bumi (PJBG) untuk proyek ketenagalistrikan pun dilakukan.

Berikut ini adalah daftar PJBG yang ditandatangani dalam acara peluncuran 35 ribu MW.

1. PJBG antara Conoco Phillips Grissik Ltd dengan PT PLN (Persero) dengan periode kontrak selama tiga tahun dan jumlah pemasukan untuk pemerintah sebesar US$201 juta.

2. Amandemen PJBG antara Petroselat dengan PLN dengan periode kontrak selama lima tahun dan jumlah pemasukan untuk pemerintah sebesar US$15,7 juta.

3. Head of agreement (HoA) antara Petrochina dengan PT Bumi Samudra Perkasa dengan periode kontrak selama tujuh tahun dan jumlah pemasukan untuk pemerintah sebesar US$82,6 juta.

0 comments:

Post a Comment