equityworld futures pusat
Friday, May 22, 2015

Friday, May 22, 2015
Pabrik mobil asal China, SAIC-GM-Wuling bakal memproduksi mobil di Indonesia untuk pertama kalinya. Mereka akan memproduksi mobil jenis multi purpose vehicle (MPV). Begini penampakannya.

Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan, tahap pertama, SGMW bakal memproduksi mobil MPV sebanyak 200.000 unit per tahun, di pabriknya di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat yang rencananya mulai produksi 2017.

"Kita akan dorong untuk ditingkatkan terus," tutur Saleh, di kantornya, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (21/5/2015).

Dari miniatur yang bisa dilihat, mobil tersebut berjenis MPV, yang biasanya cocok untuk berkendara bersama keluarga‎ karena mampu mengakomodasi cukup banyak penumpang dibanding sedan. Bentuknya seperti mobil family car pada umumnya, namun belum diketahui secara pasti bagaimana spesifikasi mobil tersebut.

Saleh mengatakan‎, pemerintah meminta perusahaan tersebut untuk tak hanya memproduksi mobil dan memasarkannya di dalam negeri saja. Dia ingin, nantinya Wuling bisa diekspor ke negara luar.

Saleh mengatakan, alasan perusahaan China tersebut menanamkan investasinya di Indonesia adalah, melihat pasar Indonesia potensial, dan belum diramaikan produk mobil asal China. Karena saat ini, mobil yang dijual di Indonesia didominasi pabrikan Jepang, Korea Selatan, atau Eropa.

"Mereka melihat Indonesia ini sangat prospektif akhirnya menjadi tujuan investasi dari berbagai negara, baik Jepang, China, maupun Korea. Jangan sampai dia masuk Indonesia jadikan pasar, tapi Indonesia dijadikan basis industri. Tak hanya pasar domestik tapi juga ekspor," tutupnya.



0 comments:

Post a Comment