EQUITY WORLD : Presiden korsel Park Geun-hye Dilengserkan Karena Melanggar Konstitusi
Pengadilan konstitusional Korea Selatan telah secara resmi dipecat Presiden negara yang digulingkan dari jabatannya. Keputusan bulat untuk mengabaikan Park Geun-hye digulingkan oleh pengadilan itu, Jumat (10/3).
Dua pengunjuk rasa yang tewas dalam demonstrasi diadakan di luar gedung pengadilan. EQUITY WORLD : Kepala bertindak keadilan Lee Jung-mi membaca keputusan itu hidup di televisi nasional.
Dia mengatakan tindakan Park di pelanggaran terhadap Konstitusi dan hukum adalah sebuah pengkhianatan terhadap kepercayaan masyarakat.
Pengadilan menyebutkan tuduhan bahwa Park berkolusi dengan teman lama Choi segera-sil untuk memaksa sejumlah konglomerat Korea memberikan kontribusi lebih dari $69 juta untuk dua Yayasan sebagai “pelanggaran berat” Konstitusi.
Taman telah berulang kali menyangkal tuduhan terhadapnya. Berdasarkan Konstitusi, Pejabat Presiden dan Perdana Menteri Hwang Kyo-ahn harus menjadwalkan pemilihan Presiden yang baru harus dilaksanakan dalam waktu 60 hari.
Juru bicara US State Department Mark Toner berkata, “kami akan terus bekerja sama dengan Perdana Menteri Hwang selama sisa masa jabatannya sebagai penjabat presiden, dan kami berharap untuk membangun hubungan produktif dengan siapapun orang, Korea Selatan akan dipilih Presiden berikutnya.”
Park adlh Presiden Korea Selatan pertama yang Terpilih secara demokratis dan kemudian diberhentikan dari jabatannya. EQUITY WORLD