equityworld futures pusat
Thursday, August 1, 2013

Thursday, August 01, 2013
Wow, ekonomi AS tumbuh lebih baik dari ramalan



WASHINGTON. Perekonomian AS tumbuh lebih besar dibanding proyeksi pada kuartal dua. Hal ini menunjukkan keberhasilan dari kebijakan pemangkasan anggaran pemerintah dan kenaikan pajak. 

Data yang dirilis Departemen Perdagangan AS menunjukkan, tingkat Produk Domestik Bruto AS naik 1,7% di kuartal II setelah naik 1,1% pada kuartal sebelumnya. Laporan lain menunjukkan, terjadi penambahan lapangan kerja dan peningkatan aktivitas manufaktur pada periode yang sama. 

Dalam data PDB terlihat, banyak perusahaan yang melakukan investasi pada peralatan baru dan proyek konstruksi. Selain itu, adanya kenaikan pemesanan pada barang-barang tahan lama yang mengindikasikan peningkatan tersebut akan terus berlangsung hingga paruh kedua tahun ini. 

Meski demikian, efek dari pemangkasan anggaran AS kemungkinan akan memudar. Di sisi lain, terjadi peningkatan lapangan kerja dan kenaikan pembelian rumah. Harga saham pun melonjak terkerek sentimen konsumen yang positif.

"Kondisi fiskal yang buruk kini sudah di belakang kita. Kepercayaan bisnis mulai membaik dan belanja modal perusahaan semakin pulih," jelas Maury Harris, chief economist UBS Securities LLC yang berbasis di New York. Dia juga meramal, pertumbuhan AS akan naik sekitar 3% dalam enam bulan terakhir 2013.

0 comments:

Post a Comment