equityworld futures pusat
Wednesday, October 23, 2013

Wednesday, October 23, 2013
Akhirnya BlackBerry Messenger resmi hadir di Google Play Store dan kembali nongol di Apple App Store. Lalu bagaimana cara menginstal aplikasi BBM ini di handset Anda?

BBM lintas platform ini dipastikan bisa di-download tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun alias gratis. Namun sayangnya, hanya pengguna piranti tertentu saja yang bisa menikmatinya.

Untuk pengguna iDevice, BBM hanya bisa dinikmati oleh pengguna iPhone dengan sistem operasi iOS 7 dan iOS 6. Sedangkan pemakai Android, handset harus versi Ice Cream Sandwich ke atas dengan ukuran layar maksimal 7 inch.

Setelah spesifikasi dirasa mumpuni, pengguna bisa langsung mengunduh aplikasi yang dimaksud melalui toko online masing-masing atau pengguna Android maupun iPhone bisa mengunjungi situs www.bbm.com.

Di situs bbm.com itu akan mendeteksi apakah perangkat Anda bisa atau cocok untuk aplikasi ini. Setelah spesifikasinya sesuai maka tetap akan diarahkan ke Google Play Store atau Apple App Store.

Setelah berhasil di-download, pengguna diharuskan untuk registrasi atau sign up terlebih dulu untuk membuat akun BlackBerry ID dengan cara memasukkan akun email. Ingat! Satu akun BlackBerry ID ini hanya untuk satu handset saja.

Sebab, jika akun BlackBerry ID ini masih digunakan di handset lain, misalnya di ponsel BlackBerry, otomatis data kontak yang ada di handset BlackBerry akan berpindah ke handset yang terdaftar baru in ke Android atau iPhone.

"BlackBerry Messenger (BBM) untuk Android ini perlu beli paket data gak ya? Apa handset saya bisa diinstal BBM? Atau apa ini bisa pakai PIN BBM lama saya?" Itulah biasanya pertanyaan yang diajukan pengguna yang penasaran seputar BBM di Android dan iOS.

Ya, setelah sempat pending, BlackBerry akhirnya secara resmi menghadirkan kembali BBM lintas platform. Sebelum yakin benar untuk mengunduhnya, tentu saja jamak bila berbagai pertanyaan di atas muncul di kepala Anda.

Nah, ketimbang rasa penasaran menghantui, simak fakta-fakta seputar BBM di Android dan iOS yang sering ditanyakan seperti dirangkum detikINET dari blog resmi BlackBerry, Selasa (22/10/2013).


1. Apa Handset Saya Bisa Diinstal BBM?

http://images.detik.com/content/2013/10/22/317/090254_bbmandro.jpg
Tentu saja bisa! Asal smartphone Anda menggunakan sistem operasi Android dan iOS. Untuk pengguna Windows Phone dan OS lainnya, sampai saat ini BlackBerry belum memberikan informasinya.

Selain device berbasis Android dan iOS, perangkat yang Anda instal harus sesuai spesifikasi minimum dari sistem operasi yang diinginkan oleh BlackBerry.

BBM hanya bisa dinikmati oleh pengguna iPhone dengan sistem operasi iOS 7 dan iOS 6. Sedangkan pemakai Android, handset harus versi Ice Cream Sandwich ke atas dengan ukuran layar maksimal 7 inch.

Oh ya, aplikasi BlackBerry Messenger ini tak dikenakan biaya sedikit pun alias gratis. Jadi pastikan bahwa aplikasi yang dimaksud adalah asli keluaran dari BlackBerry.

2. Cara menginstal

http://images.detik.com/content/2013/10/22/317/090722_bbminstal.jpg
Setelah spesifikasi dirasa mumpuni, pengguna bisa langsung mengunduh aplikasi yang dimaksud melalui toko online masing-masing atau pengguna Android maupun iPhone bisa mengunjungi situs www.bbm.com.

Di situs bbm.com itu akan mendeteksi apakah perangkat Anda bisa atau cocok untuk aplikasi ini. Setelah spesifikasinya sesuai maka tetap akan diarahkan ke Google Play Store atau Apple App Store.

Untuk pengguna iPhone bisa saja langsung menuju ke App Store dengan mengetikkan kata “BlackBerry Messenger for iPhone”.  Sementara pengguna Android, tetap diminta berhati-hati agar tak terjebak BBM Android abal-abal.

3. Cara Pakai PIN BBM Lama Saya?

http://images.detik.com/content/2013/10/22/317/090939_bbm01.jpg
Setelah selesai men-download aplikasi BBM di iPhone atau handset Android. Maka tampilan depan dari layanan instant messaging ini adalah masuk dengan menggunakan ID BlackBerry.

Dari mana ID BlackBerry didapatkan? Ada dua cara, pertama hasil dari akun yang didaftarkan di BlackBerry sebelumnya. Sehingga PIN BBM, daftar kontak dan lain sebagainya secara terotomatis tersinkronisasi ke perangkat iPhone atau Android.

Inget satu ID BlackBerry hanya untuk satu handset. Artinya, bila Anda sudah masukan ke handset Android atau iPhone, maka BBM di BlackBerry tak bisa lagi digunakan.

Atau bila Anda ingin mempunyai PIN BBM baru, cukup mendaftarkan saja langsung melalui layanan BBM di Android atau iPhone.

Karena pengguna BBM akan menggunakan PIN, bukan nomor telepon seluler atau alamat email. Jadi lebih privat dan kita selalu bisa mengontrol orang yang ada di daftar kontak.

4. Apa Saja Fitur BBM Lintas Platform?

http://images.detik.com/content/2013/10/22/317/091149_bbm02.jpg
Pada dasarnya tidak ada yang berbeda fitur yang ada di BBM lintas platform dengan yang ada di BBM BlackBerry. Cuma memang beberapa yang tak tersedia di BBM lintas platform.

Mengirim pesan, gambar , suara dan lokasi adalah fitur standar yang ditawarkan. Anda pun juga masih bisa mengirimkan Broadcast Message ke semua kontak yang terdaftar.

Bila sudah pindah ke handset lain, tak perlu kehilangan obrolan di grup message. Karena grup message tidak akan hilang termasuk percakapan yang sedang dihadirkan sebelumnya.

Berubah mungkin dari sisi tampilan antarmuka yang mirip dengan versi dari BlackBerry Messenger di OS BlackBerry 10.

Oh ya, Anda tidak akan mendapatkan kontak BBM terklasifikasi berdasarkan keinginan Anda sesuai yang sudah dirapikan di kontak BBM BlackBerry sebelumnya.

5. Perlu Paket Khusus?

http://images.detik.com/content/2013/10/22/317/091334_bbmandroidinet460.jpg
Jawabannya tidak. Karena Anda bisa terhubung dengan jaringan seluler internet biasa yang sudah Anda beli sebelumnya.

Bahkan saat Anda sedang terhubung dengan jaringan WiFi, Anda bisa tetap melakukan chatting tanpa harus takut gagal karena tak terhubung dengan jaringan seluler.

Tentu saja, jaringan seluler adalah paket internet yang biasa Anda beli untuk terkoneksi dengan internet.




0 comments:

Post a Comment